Alat Dan Bahan Sablon Kaos Manual

sablon kaos murah jakarta

Salah satu jenis sablon kaos adalah teknik sablon kaos manual, dalam pengerjaan sablon kaos manual dibutuhkan beberapa alat dan juga bahan sablon, walupun alat dan bahan sablon kaos manual tidak serumit dan semahal sablon kaos dengan teknik digital.

Selain pastinya kaos dan juga pasta atau tinta sablon, ada beberapa alat dan juga bahan sablon kaos manual yang harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum kita menyablon kaos secara manual, berikut beberapa alat dan juga bahan sablon kaos manual yang harus dipersiapkan:

  1. Screen
    Screen sablon adalah alat berupa bingkai atau frame untuk mencetak pasta atau tinta sablon pada kaos, screen sablon ini umumnya mempunyai beberapa ukuran, sesuai dengan desain atau gambar yang akan kita sablon
  2. Afdruk
    Afdruk adalah bahan sablon kaos manual yang dibutuhkan untuk menutup pori-pori screen sablon, afdruk juga merupakan bahan sablon yang berfungsi untuk memindahkan atau mencetak film sablon pada screen dengan bantuan proses penyinaran ataau pencahayaan.
  3. Semprotan Air
    Alat ini berfungsi untuk merontokkan afdruk yang telah dicetak film sablon, bagian afdruk yang telah tercetakĀ film sablon yang dibantu oleh penyinaran akan rontok bila di semprot oeh air, bagiaan yang tidak tercetak film saablon tidak akan rontok.
  4. Harter (Cairan Penguat Afdruk)
    Harter merupakan cairan kimia yang berfungsi untuk menguatkan hasil afdruk yang dibuat dengan obat afdruk basis air, dengan mengoleskan cairan ini ke permukaan screen yang telah di afdruk akan membuat afdruk yang telah di oleskan pada screen tidak mudah rontok pada saat menggesut menggunakan Rakel.
  5. Lakban
    Lakban ini nanti berfungsi untuk menutup daerah screen sablon yang tidak ingin di sablon, hal ini dilakukan juga untuk mencegah screen sablon yang bocor.
  6. Rakel
    Rakel adalah sebuah alat sablon untuk menggesut pasta atau tinta sablon pada screen sablon, ukuran rakel juga bervariasi mengikuti ukuran screen sablon yang kita gunakan
  7. Pigmen (Biang Warna)
    Pigmen atau biang warna ini adalah bahan untuk membuat warna pada pasta yang ingin kita sablon sesuai dengan warna desain atau gambar yang ingin kita sablon, pigmen di campur oleh pasta sablon lalu diaduk hingga rata.
  8. Kaporit (Untuk Penghancur Afdruk)
    Yang terakhir adalah kaporit yang berfungsi untuk merontokkan atau membersihkan afdruk yang ada pada screen bila sudah tidak terpakai lagi.
  9. Cairan M3
    Afdruk yang telah kita rontokkan tadi menggunakan kaporit biasanya tidak akan terlalu bersih, selalu masih saja ada sisa-sisa tinta atau afdruk yang sulit untuk dibersihkan dengan kaporit. Hal ini bisa kita bersihkan dengan cairan kimia M3.

Demikian beberapa alat dan bahan sablon yang kita butuhkan atau harus kita persiapkan terlebih dahulu dalam teknik sablon kaos manual, semoga tulisan ini dapat memberikan inspirasi untuk anda. Salam berkarya!

google+

linkedin

Leave a Reply

Hubungi Kami

Komplek Perhubungan
Jl. Perhubungan XI No. 83
(Dekat SMAN 36)
Rawamangun, Jakarta Timur

Call / SMS / WhatsApp : 0821 2577 0768
Email : dabilsablon@gmail.com

Dabil Sablon On Facebook